Sabtu, 01 Oktober 2011

TIGA CARA DASAR UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS/USAHA

Hampir semua konsep terbaru dan terbesar yang diadakan dalam berbagai seminar, beragam pelatihan serta aneka buku berlomba-lomba untuk perhatian Anda, mengenai sebuah topik “mengembangkan bisnis”. Apakah mengembangkan sebuah usaha atau bisnis sedemikian rumitnya? Pada kenyataannya adalah, hanya ada tiga cara untuk mengembangkan suatu bisnis/usaha. Mau tahu apa saja cara yang dapat Anda tempuh untuk mengembangkan usaha Anda? Simak lebih lanjut uraian berikut :

Anda meningkatkan jumlah pelanggan yang Anda miliki dengan menjangkau pelanggan baru yakni dengan penawaran yang ada atau mengembangkan penawaran baru. Idealnya Anda akan harus memanfaatkan penawaran Anda untuk memasuki pasar baru atau memperluas jangkauan dalam pasar yang ada.

Tiga pertanyaan kunci untuk menjawab untuk meningkatkan jumlah pelanggan adalah:

Siapa yang memiliki kebutuhan nyata untuk produk / jasa yang saya jual?

Apakah produk saya hasilkan bisa menghemat uang atau memberikan nilai tambahan bagi pelanggan? Jika ada, berapa banyak? Apakah pelanggan mengeluarkan dana untuk mengatasi kebutuhan tersebut hari ini?

Berapa banyak dari mereka merupakan pelanggan potensial yang ada? Bagaimana Anda bisa menjangkau mereka?

Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut memerlukan riset pasar. Riset pasar merupakan strategi awal untuk menjual. Hal ini mengajarkan Anda banyak hal tentang apa yang akan Anda perlu tahu untuk secara efektif menjangkau pelanggan baru seperti apa yang harus dikatakan, bagaimana mengatakannya dan kepada siapa.

Jalan tercepat untuk meningkatkan frekuensi pembelian adalah dengan membuatnya semudah mungkin bagi pelanggan yang ada untuk melakukan bisnis dengan Anda berulang kali. Cara lain untuk mencapai hal ini adalah memberikan “nilai tambahan” bagi pelanggan yang pada akhirnya membangun loyalitas untuk pelanggan. Jika Anda membuat sistem yang lebih mudahkan bagi pelanggan untuk bertransaksi/membeli sebuah produk dari perusahaan Anda dibandingkan dengan pesaing Anda, maka Anda akan menjadi pihak yang lebih unggul dari mereka. Hal ini, tentu saja, mengasumsikan bahwa produk atau jasa yang sebanding atau lebih unggul pesaing Anda.

Di luar “program loyalitas pelanggan”, berikut adalah beberapa strategi untuk meningkatkan frekuensi pembelian produk yakni : pelayanan purna jual atas berbagai produk ataupun jasa yang kita pasarkan. Pada umumnya pembeli atau pelanggan sangat mempertimbangkan pelayanan purna jual suatu produk yang memberikan jaminan bagi mereka setelah pelanggan melakukan pembelian, mereka ingin memastikan tidak ada kesulitan di kemudian hari setelah menjatuhkan pilihan pada suatu produk.

Sudah menjadi hal umum bahwa Anda akan meningkatkan jumlah unit yang terjual saat Anda meningkatkan jumlah klien dan frekuensi pembelian. Tapi Anda juga dapat meningkatkan jumlah unit yang terjual dengan memahami bagaimana menambahkan nilai pada produk atau jasa yang dihasilkan pada bisnis Anda. Jika Anda ingin menjual lebih banyak produk atau tagihan jam lebih, memberikan manfaat nilai-menambahkan atau solusi akan mulai memperkuat hubungan pelanggan Anda. Jika Anda secara konsisten nilai tambah-untuk hubungan pelanggan, Anda perlu memahami bagaimana pelanggan Anda menafsirkan, mendefinisikan, dan mengukur nilai yang mereka terima dari produk dan jasa Anda.

Akhirnya, jangan lupa, untuk melihat hasil yang nyata, Anda harus mulai dengan apa yang sudah Anda ketahui tentang pelanggan Anda. Ini merupakan hasil riset pasar bahwa dengan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pelanggan, Anda sudah mengantongi segian modal untuk meningkatkan garis pertumbuhan pada keuntungan perusahaan Anda. Terfokus pada informasi pelanggan ini akan memberikan dasar untuk menghasilkan penjualan yang lebih banyak, mempertahankan dan cross-selling pelanggan, serta memperoleh pelanggan baru. Berbekal informasi yang berfokus pada pelanggan, Anda akan tahu yang merupakan cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda.

Artikel Terkait:

PROTEKSI ASURANSI UNTUK BISNIS KECILCara Memulai dan Mengembangkan Usaha (Bag. 1)Tujuh Tips Dasar Bagi Pemilik Usaha SampinganCara Membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU) untuk UKMPERTANYAAN KETIKA MEMBELI SUATU BISNIS

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar