Senin, 03 Oktober 2011

MENGGALI KHASIAT TEMULAWAK SEBAGAI SEBUAH PELUANG USAHA

Kemajuan jaman tidak berarti meninggalkan budaya dan tradisi leluhur, sebagai salah satu contoh nyata adalah penggunaan obat dan jamu tradisional. Di samping itu ada kecenderungan masyarakat untuk kembali menggunakan bahan-bahan tradisional untuk pengobatan setelah munculnya berbagai macam gangguan penyakit akibat penggunaan bahan-bahan kimia. Salah satu bahan tradisional yang digunakan adalah Temulawak (Curcuma xanthorrhiza ROXB). Temulawak merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Di daerah Jawa Barat temulawak disebut sebagai koneng gede sedangkan di Madura disebut sebagai temu lobak. Kawasan Indo-Malaysia merupakan tempat dari mana temulawak ini menyebar ke seluruh dunia. Saat ini tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di Cina, IndoCina, Bardabos, India, Jepang, Korea, di Amerika Serikat dan Beberapa negara Eropa.

Sebagai tambahan informasi berikut klasifikasi Temulawak dalam ilmu botani :

Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Monocotyledonae

Ordo : Zingiberales

Keluarga : Zingiberaceae

Genus : Qurcuma

Spesies : Qurcuma xanthorrhiza ROXB.

Tanaman terna berbatang semu dengan tinggi hingga lebih dari 1m tetapi kurang dari 2m, berwarna hijau atau cokelat gelap. Akar rimpang terbentuk dengan sempurna dan bercabang kuat, berwarna hijau gelap. Tiap batang mempunyai daun 2 – 9 helai dengan bentuk bundar memanjang sampai bangun lanset, warna daun hijau atau cokelat keunguan terang sampai gelap, panjang daun 31 – 84cm dan lebar 10 – 18cm, panjang tangkai daun termasuk helaian 43 – 80cm. Perbungaan lateral, tangkai ramping dan sisik berbentuk garis, panjang tangkai 9 – 23cm dan lebar 4 – 6cm, berdaun pelindung banyak yang panjangnya melebihi atau sebanding dengan mahkota bunga. Kelopak bunga berwarna putih berbulu, panjang 8 – 13mm, mahkota bunga berbentuk tabung dengan panjang keseluruhan 4.5cm, helaian bunga berbentuk bundar memanjang berwarna putih dengan ujung yang berwarna merah dadu atau merah, panjang 1.25 – 2cm dan lebar 1cm.

Di Indonesia satu-satunya bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang temulawak untuk dibuat jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anti inflamasi, anemia, anti oksidan, pencegah kanker, dan anti mikroba.

Dengan khasiat dan manfaat temulawak yang sudah teruji, maka jenis rimpang satu ini sudah menjadi bahan kebutuhan rutin bagi usaha rumahan maupun berbagai industri besar seperti industri obat-obatan, produk kecantikan dsb. Oleh karena itu budidaya temulawak selalu memiliki tempat tersendiri sebagai sebuah peluang usaha yang berprospek cerah.

manfaat temulawak (10), khasiat temulawak (8), manfaat temulawak sebagai obat (3), khasiyat temu lawak (3), temulawak sebagai peluang usaha (2), temulawak sebagai anti radang (1), Temulawak (Curcuma xanthorrhiza antikolesterol (1), temulawak sebagai obat jerawat (1), temulawak (1), prospek temulawak (1), PROSPEK BISNIS temulawak (1), proposal temulawak terhadap nafsu makan (1), manfaat temulawak untuk meningkatkan nafsu makan (1), bertanam temulawak cerah (1), manfaat temu lawak (1), manfaat nanas (1), klasifikasi temulawak (1), khasiat temulawak membunuh jamur (1), khasiat temulawak 2011 (1), kegunaan DAN KHASIAT CURCUMA XANTHORRHIZA (1), industri pengguna temulawak (1), usaha rumahan produk kecantikan (1)

Artikel Terkait:

Mengenal Apel Sebagai Sebuah Peluang UsahaMENGENAL TANAMAN SALAK SEBUAH PELUANG USAHAPELUANG USAHA BUDIDAYA JAHEKomoditi Karet sebagai sumber devisa negara, Peluang Usaha Perkebunan KaretMemulai Bisnis , Sebuah Ilustrasi

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar