Sabtu, 01 Oktober 2011

PELUANG USAHA BUDIDAYA ALPUKAT / AVOCADO (bagian 1)

Avocado Ramadhan baru saja berakhir sangat menyenangkan jika saat berbuka disajikan minuman sejenis es teler atau pun sop buah, memberikan kesegaran  setelah berpuasa sehari penuh. Namun tau kah anda bahwa di dalam minuman tersebut terdapat buah yang memiliki karakteristik yang berbeda, dengan rasa yang jauh dari manis namun memiliki rasa gurih dan lembut, ya itu adalah buah alpukat. Alpukat (Persea americana) adalah pohon tanaman asli yang berasal dari Meksiko Tengah, buah alpukat sangat dikenal di Indonesia terutama di gunakan sebagai campuran maupun menu utama sajian minuman pelepas dahaga. Alpukat diklasifikasikan dalam keluarga tanaman berbunga Lauraceae seperti pada tanaman dengan kayu manis maupun tanaman kayu kamper. Alpukat tergolong dalam buah (botanikal berry besar dengan benih berbiji tunggal dengan berbentuk buah bulat, memanjang mapun berbentuk telur. Secara ilmiahnya kalisifikasi alpukat sebagai berikut :

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Alpukat : Kingdom   :     Plantae, Phylum     :     Angiosperms, Class         :     Magnoliids, Order       :     Laurales, Family      :     Lauraceae, Genus      :     Persea, Species     :     P. americana

Alpukat atau dengan nama lain P. americana berasal di negara bagian Puebla, Meksiko. Tanaman alpukat tertua di meksiko dikenal sebag220px-Avocado_with_cross_section_editai criollo, dengan buah yang kecil dan kulit buah hitam pekat, juga berisi biji buah yang besar. Bukti tertua penggunaan alpukat ditemukan di sebuah gua yang terletak di Coxcatlán, Puebla, Meksiko, yaitu sekitar 10.000 SM. Pohon / Tanaman alpukat juga memiliki sejarah panjang pembudidayaan nya baik yang ada di Amerika Tengah dan Amerika Selatan;. Toples air berbentuk seperti buah alpukat, ditemukan di kota suku pra-Inca yaitu kota Chan Chan. Pembahasan tentang alpukat paling awal ditulis yaitu “alpukat di Eropa” adalah Martín Fernández de Enciso (1470-1528) pada tauhn 1518 atau 1519 dalam bukunya, “Suma de Que Trata Geographia de Todas Las Partidas Del Mundo Y Provincias” yang pertama catatan tertulis dalam bahasa Inggris penggunaan kata ‘alpukat’ itu oleh Hans Sloane dalam indeks 1696 tanaman Jamaika. Tanaman itu diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1750, Brasil pada tahun 1809, kawasan Mediterania timur pada 1908, dan Afrika Selatan dan Australia pada akhir abad 19.

Kata ‘alpukat’ / avocado berasal dari bahasa Spanyol “aguacate”  yang berasal dari kata “ahuácatl Nahuatl”. Alpukat dikenal oleh suku Aztec sebagai ‘buah kesuburan’. Di beberapa negara Amerika Selatan, seperti Argentina, Bolivia, Chili, Peru, dan Uruguay, alpukat dikenal dengan nama “Quechua” . Di negara Meksiko dan Portugis desebut dengan “abacate”. Sering juga selain disebutalpukat atau disebut dengan pir buaya (karena bentuk dan kulit hijau kasar ). Alpukat dikenal sebagai Buah Mentega di beberapa bagian India. Dan Di Cina dikenal sebagai buah pir buaya atau mentega.

Buah Alpukat memiliki nilai ekonomis tinggi, selain sebagai bahan minuman alpukat banyak dipergunakan sebagai bahan campuran produk-produk kosmetik. Alpukat dapat di budidayakan diseluruh dunia baik dengan iklim tropis maupun iklim subtropis, Buah alpukat yang dihasilkan berkulit hijau, bentuk buah seperti buah pir atau pun bulat. Sebagian tanaman buah alpukat dapat melakukan penyerbukan sendiri ataupun dilakukan rekayasa tanaman untuk menghasilkan buah alpukat yang terjaga baik kualitas maupun kuantitasnya. Berikut adalah jumlah produksi negara-negara penghasil alpukat terbesar di dunia.

Kita akan lanjutkan tulisan tentang alpukat pada artikel selanjutnya.

budidaya alpukat (19), peluwang bisnis alpukat (3), pembibitan alpukat (3), budidaya buah alpukat (2), cara budidaya pohon alpukat (2), pembudidayaan apukat (1), alpkatualpukat (1), Pohon&buah pokat (1), produksi alpukat (1), SEJARAH IJIN USAHA GURAMEH (1), klasifikasi tumbuhan APOKAT (1), klasifikasi apukat (1), klasifikasi alpukat (1), klasifikai alpukat (1), kingdom alpukat (1), Budidaya alpuket (1), budidaya alpukat mentega (1), Bertani buah alpuket (1), tanaman avocado (1)

Artikel Terkait:

PELUANG USAHA BUDIDAYA ALPUKAT / AVOCADO (bagian 2)Peluang Usaha Pengembangan Budidaya Jeruk (bagian 1)Peluang Usaha Budidaya Tanaman Secara Hidroponik Murah dan Sederhana (bagian 1)Peluang Usaha Budidaya Kayu Putih (bagian 2)Peluang Usaha Budidaya Durian (bagian 1)

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar