Jumat, 07 Oktober 2011

SYARAT PERTUMBUHAN BUDIDAYA TANAMAN SALAK

Salak ditemukan tumbuh liar di alam di Jawa bagian barat daya dan Sumatra bagian selatan. Akan tetapi asal-usul salak yang pasti belum diketahui. Salak dibudidayakan di Thailand, Malaysia dan Indonesia, ke timur sampai Maluku. Salak juga telah diintroduksi ke Filipina, Papua Nugini, Queensland dan juga Fiji.

Sebagian ahli menganggap salak yang tumbuh di Sumatra bagian utara berasal dari jenis yang berbeda, yakni S. sumatrana Becc. S. zalacca sendiri dibedakan lagi atas dua varietas botani, yakni var. zalacca dari Jawa dan var. amboinensis (Becc.) Mogea dari Bali dan Ambon

Sentra penanaman Tanaman salak di Indonesia banyak terdapat di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku, Bali, NTB dan Kalimantan Barat.

Untuk kepentingan budi daya, penanaman tanaman salak ini memerlukan kondisi khusus untuk menunjang pertumbuhan tanaman secara optimal yang dikenal dengan istilah Syarat Tumbuh. Adapun Syarat tumbuh budi daya tanaman salak yang diperlukan adalah sebagai berikut :

Suhu yang paling baik antara 20-30CC. Salak membutuhkan kelembaban tinggi, tetapi tidak tahan genangan air Tanaman salak sesuai bila ditanam di daerah berzona iklim Aa bcd, Babc dan Cbc. A berarti jumlah bulan basah tinggi (11-12 bulan/tahun), B: 8-10 bulan/tahun dan C : 5-7 bulan/tahun.Salak akan tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan rata-rata per tahun 200-400 mm/bulan. Curah hujan rata-rata bulanan lebih dari 100 mm sudah tergolong dalam bulan basah. Berarti salak membutuhkan tingkat kebasahan atau kelembaban yang tinggi.Tanaman salak tidak tahan terhadap sinar matahari penuh (100%), tetapi cukup 50-70%, karena itu diperlukan adanya tanaman peneduh..

Tanaman salak menyukai tanah yang subur, gembur dan lembab.Derajat keasaman tanah (pH) yang cocok untuk budidaya salak adalah 4,5 – 7,5. Kebun salak tidak tahan dengan genangan air. Untuk pertumbuhannya membutuhkan kelembaban tinggi.Budidaya Tanaman salak (17), pertumbuhan salak (3), tinggi tempat salak (2), syarat tumbuh salak (2), ssrat tumbuh tanaman salak (1), syarat hidup tanaman salak (1), syarat ketinggian tanaman (1), syarat pertumbuhan tanaman (1), tanaman salak cocok didaerah mana (1), salak di maluku (1), pohon salak tumbuh berapa tahun (1), ketinggian tempat untuk tumbuh salak (1), Ketinggian tempat salak (1), ketinggian tanaman salak (1), fase pertumbuhan salak (1), budidaya namgka salak (1), asal usul tanaman salak (1), apakah salak bali membutuhkan curah hujan yang tinggi? (1)

Artikel Terkait:

TEKNIK PEMBIBITAN DALAM BUDIDAYA TANAMAN SALAKPEMELIHARAAN TANAMAN BUDIDAYA TANAMAN SALAKMENGENAL TANAMAN SALAK SEBUAH PELUANG USAHAHAMA, PENYAKIT DAN SERANGAN GULMA DALAM BUDIDAYA TANAMAN SALAKPENGOLAHAN LAHAN DAN TEKNIK PENANAMAN BUDIDAYA SALAK

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar