Selasa, 04 Oktober 2011

PENGOLAHAN LAHAN DAN TEKNIK PENANAMAN BUDIDAYA SALAK

Tanaman salak merupakan salah satu tanaman buah yang disukai dan mempunyai prospek baik untuk di kembangkan sebagai sebuah peluang usaha. Selain pemilihan bibit yang berkualitas setiap tahapan dalam budi daya salak memiliki peran yang sama pentingnya dalam menunjang keberhasilan budi daya salak tersebut. Oleh karena hal tersebut berikut akan kita bahas mengenai tahapan setelah penyiapan bibit salak yakni teknik penanaman dan pemeliharaan tanaman dalam budi daya salak.

Pengolahan dalam budi daya salak meliputi tahapan persiapan serta pembukaan lahan, secara terperinci berikut akan kita bahas lebih lanjut :

Persiapan

Penetapan areal untuk perkebunan salak harus memperhatikan faktor kemudahan transportasi dan sumber air.

Pembukaan Lahan

Membongkar tanaman yang tidak diperlukan dan mematikan alang-alang serta menghilangkan rumput-rumput liar dan perdu dari areal tanam.Membajak tanah untuk menghilangkan bongkahan tanah yang terlalu besar.Tahapan penanaman salak meliputi tahapan pembuatan lubang tanam , cara penanaman secara rinci adalah :

Pembuatan Lubang Tanam

Lubang tanam dibuat dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm dengan jarak tanam 1 x 4 m; 2 x 2 m atau 1,5 x 2,5 m. Ukuran lubang dapat juga dibuat 50 x 50 x 40 cm, dengan jarak antar 2 x 4 m atau 3 x 4 m. Setiap lubang diberi pupuk kandang yang telah jadi sebanyak 10 kg.

Cara Penanaman

Biji ditanam langsung dalam lubang sebanyak 3- 4 biji per lubang. Sebulan kemudian biji mulai tumbuh

Lain-lain Hal

Untuk menghindari sinar matahari penuh, tanaman salak ditanam di bawah tanaman peneduh seperti tanaman kelapa, durian, Lamtoro dan sebagainya. Apabila lahan masih belum ada tanaman peneduh, dapat ditanam tanaman peneduh sementara seperti tanaman pisang. Jarak tanam pohon peneduh disesuaikan menurut ukuran luas tajuk misalnya kelapa ditanam dengan jarak 10 x 10 m, durian 12 x 12 m dan lamtoro 12 x 12 m.

BUDIDAYA SALAK (11), pengolahan lahan (8), penanaman salak (3), persiapan dan pengolahan lahan kopi secara umum (2), cara penanaman salak (2), cara budidaya tanaman peneduh (2), teknis budidaya salak (2), pengelolaan lahan untuk tanaman budidaya (1), Teknik Penyiapan Pembibitan (1), pengolahan lahan tanam (1), pentingnya persiapan dan pembukaan lahan (1), teknik pengolahan lahan pembibitan (1), persiapan lahan budidaya ikan mas (1), persiapan lahan dan penanaman (1), teknik budidaya pengolahan (1), tanaman peneduh (1), persiapan lahan tanam (1), sistem penanaman lahan (1), penanaman dan pemeliharaan tanaman pisang (1), penamanan salak (1), artikel cara menanam salak (1), budi daya salak (1), budidaya tanaman peneduh secara pembibitan (1), cara budi daya salak (1), cara budidaya salak (1), cara budidaya tanaman lamtoro (1), cara pengolahan lubang tanam (1), cara persiapan lahan dan penanaman (1), ilmu budidaya dalam menunjang usaha (1), kriteria pemilihan bibit salak (1), lahAN TANAM ADALAH (1), pembudidayaan tanaman peneduh (1), pemeriharaan lahan (1), artikel budidaya tanaman peneduh (1)

Artikel Terkait:

PENGOLAHAN MEDIA TANAMAM DAN TEKNIK PENANAMAN DALAM BUDIDAYA MANGGISMEDIA TANAM DAN TEKNIK PENANAMAN DALAM BUDIDAYA SAWOSYARAT PERTUMBUHAN BUDIDAYA TANAMAN SALAKTEKNIK PEMBIBITAN DALAM BUDIDAYA TANAMAN SALAKTEKNIK PENANAMAN DAN PEMELIHARAAN TANAMAN DALAM BUDIDAYA RAMBUTAN

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar