Kamis, 06 Oktober 2011

MENGENAL TANAMAN SALAK SEBUAH PELUANG USAHA

Sebagai tanaman asli Indonesia salak mempunyai masa depan yang cerah untuk dikembangkan baik untuk memenuhi pasaran lokal ataupun pasaran luar negeri.Buah Salak (Salacca Edulis) merupakan salah satu buah tropis yang banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika, dan Eropa. Buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan dapat dikonsumsi sebagai buah segar maupun diolah sebagai manisan. Daging buah ini mengandung kalsium, tanin, saponin, dan flavonoida. Daerah asal nya tidak jelas, tetapi diduga dari Thailand, Malaysia dan Indonesia. Ada pula yang mengatakan bahwa tanaman salak (Salacca edulis) berasal dari Pulau Jawa. Pada masa penjajahan biji-biji salak dibawa oleh para saudagar hingga menyebar ke seluruh Indonesia, bahkan sampai ke Filipina, Malaysia, Brunei dan Muangthai.

Banyak varietas salak yang bisa tumbuh di Indonesi. Ada yang masih muda sudah terasa manis, Varietas unggul yang telah dilepas oleh pemerintah untuk dikembangkan ialah: salak pondoh, swaru, nglumut, enrekang, gula batu (Bali), dan lain-lain. Sebenarnya jenis salak yang ada di Indonesia ada 3 perbedaan yang menyolok, yakni:

Salak Jawa Salacca zalacca (Gaertner) Voss yang berbiji 2-3 butir,Salak Bali Slacca amboinensis (Becc) Mogea yang berbiji 1- 2 butir, dan Salak Padang Sidempuan Salacca sumatrana (Becc) yang berdaging merah. Jenis salak itu mempunyai nilai komersial yang tinggiBerdasarkan kultivarnya, di Indonesia orang mengenal antara 20 sampai 30 jenis di bawah spesies. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah salak Sidimpuan dari Sumatera Utara, salak Condet dari Jakarta, salak pondoh dari Yogyakarta dan salak Bali. Salak condet merupakan flora propinsi DKI Jakarta.

Selain jenis tanaman salak yang dibudidayakan, di dunia ini dikenal jenis salak liar, seperti Salacca dransfieldiana JP Mo-gea; S. magnifera JP Mogea; S. minuta; S. multiflora dan S. romosiana. Selain salak liar itu, masih dikenal salak liar lainnya seperti Salacca rumphili Wallich ex. Blume yang juga disebut S. wallichiana, C. Martus yang disebut rakum/kumbar (populer di Thailand) sebagai pembuat masam segar pada masakan. Kumbar ini tidak berduri, bunganya berumah 2 (dioeciious). Salak termasuk famili: Palmae (palem-paleman), monokotil, daun-daunnya panjang dengan urat utama kuat seperti pada kelapa yang disebut lidi. Seluruh bagian daunnya berduri tajam Batangnya pendek, lama­kelamaan meninggi sampai 3 m atau lebih, akhirnya roboh tidak mampu membawa beban mahkota daun terlalu berat (tidak sebanding dengan batangnya yang kecil).

BERIKUT BEBERAPA MACAM MANFAAT YANG DAPAT DIAMBIL DARI TANAMAN SALAK, YAKNI :

Salak terutama ditanam untuk dimanfaatkan buahnya, yang populer sebagai buah meja. Seiring dengan perkembangan inovasi pengolahan makanan, bermunculan cara pengolahan buah salak ini. Selain dimakan segar, salak juga biasa dibuat manisan, asinan, dikalengkan, atau diolah sebagai keripik salak. Untuk jenis manisan, beberapa pengrajin menglah salak ini beserta kulitnya, tanpa dikupas. Salak yang muda digunakan untuk bahan rujak. Umbut salak pun dapat dimakan.Helai-helai anak daun dan kulit tangkai daunnya dapat digunakan sebagai bahan anyaman, meski tentunya sesudah duri-durinya dihilangkan lebih dahulu. Karena duri-durinya hampir tak tertembus, rumpun salak kerap ditanam sebagai pagar. Demikian pula, potongan-potongan tangkai daunnya yang telah mengering pun kerap digunakan untuk mempersenjatai pagar, atau untuk melindungi pohon yang tengah berbuah dari pencuri.Untuk pengobatan seperti untuk menghentikan diare, jadi bila kebanyakan makan salak akan menyebabkan kesulitan membuang air besar dalam kadar menengah. kadang kulit salak juga di gunakan dalam traditional china medicine/jamu sebagai bahan obat.Tanaman salak merupakan salah satu tanaman buah yang disukai dan mempunyai prospek baik untuk di kembangkan sebagai sebuah peluang usaha.

jenis-jenis salak (3), wirausaha salak merah (2), prospek budidaya salak (1), salak termasuk tumbuhan monokotil (1), tanaman salak untuk obat (1), tanaman salak yogyakarta (1), tinggi tanaman salak (1), usaha dari kulit salak (1), usaha salak jakarta (1), potensi bisnis salak (1), peluang usaha padang sidempuan (1), pasaran buah salak (1), makalah budidaya salak pondoh (1), jenis-jenis salak bali (1), jenis salak untuk manisan (1), jenis salak (1), jamu kulit salak (1), dodol salak padang sidempuan (1), buah salak bagian yang dimanfaatkan (1), artikel pengolahan biji salak (1)

Artikel Terkait:

Mengenal Apel Sebagai Sebuah Peluang UsahaJenis Tanaman NangkaMemulai Bisnis , Sebuah IlustrasiPeluang Agrobisnis NangkaPemeliharaan Tanaman Menghasilkan (TM) dalam Usaha Budidaya Tanaman Kopi

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar