Rabu, 05 Oktober 2011

PELUANG USAHA PENGOLAHAN IKAN PEDA

Indonesia terkenal dengan kekayaan hasil laut yang melimpah, berbagai jenis ikan, serta hasil lautnya seakan tidak ada habisnya meskipun di ambil dan dimanfaatkan setiap hari. Namun hasil kekayaan laut ini memiliki keterbatasan waktu pemanfaatan karena pada umumnya hasil tangkapan laut ini memiliki sifat yang cepat membusuk. Salah satu strateginya adalah dengan pengolahan lebih lanjut di antaranya dengan dikeringkan, di asap atau diasinkan. Salah satu pengolahan yang cukup populer adalah dengan dengan penambahan garam, selain prosesnya mudah dilakukan juga memerlukan biaya produksi yang cukup murah. Salah satu jenis ikan tangkapan laut yang cukup melimpah dan harganya relatif murah adalah ikan kembung, jenis ikan ni juga bisa diolah lebih lanjut dengan cara di asinkan jenis dan sudah cukup dikenal dengan istilah “Ikan Peda”. Ikan peda cukup digemari oleh masyarakat luas. Dengan kemudahan bahan baku, murahnya biaya produksi serta daya serap pasar yang pasti menjadikan usaha pengolahan ikan peda ini memiliki prospek yang bagus untuk dijadikan sebuah peluang usaha.

Lebih lanjut akan dijelaskan tahapan pembuatan ikan peda yang umumnya dilakukan secara tradisional, sebagai berikut:

Garam (pilih yang agak kasar, jangan terlalu halus)Kuali dari tanah atau bak dari semenAnyaman bambu untuk tutup bak/kualiBersihkan ikan, bagian insang dan isi perutnya dibuang, kemudian ikan dicuci hingga bersihIkan yang sudah bersih dilumuri dengan garam. Jumlah garam 20% (atau kira-kira seperlima)dari berat ikan. Usahakan pada waktu melumuri garam, bagian perut ikan yang kosong diisi juga dengan garam.Sediakan kuali besar dari tanah atau bak yang sengaja dibuat dari semen.Langkah selanjutnya, masukkan ikan –ikan tersebut pada kuali atau pada bak dari semen, susun dengan rapi. Apabila susunan yang pertama membujur maka susunan berikutnya dibuat melintang dan seterusnya.Pada bagian atas, tutupi dengan menggunakan anyaman dan papan. Letakkan batu bata untuk mengepres ikan-ikan tersebut. Biarkan ikan-ikan tersebut dalam bak hingga satu minggu. Ikan-ikan tersebut akan berair dengan sendirinya.Setelah satu minggu, keluarkan ikan dari tempatnya dan dibersihkan, kemudian di angin-anginkan, di tempat teduh sampai agak kering.Ikan yang telah di angin-anginkan ditempatkan pada keranjang atau peti dari papan, susun dengan rapi dengan posisi saling menyilang. Sebelumnya alas peti di beri daun pisang yang kering.Biarkan ikan tersebut dalam peti selama 7-10 hari dan tutup rapat. Setelah 10 hari, buka peti tersebut maka ikan peda dengan aroma yang khas siap untuk dikemas dan dipasarkan.

Artikel Terkait:

PELUNG USAHA PEMBUATAN TERASI IKAN/UDANGPELUANG USAHA IKAN PINDANG DURI LUNAKPeluang Usaha Pembuatan Terasi sebagai Pemanfaatan Hasil PerikananPeluang usaha pembuatan kecap ikanPeluang Usaha Pembuatan Dendeng Ikan

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar