Kamis, 06 Oktober 2011

BEBERAPA MANFAAT KEWIRAUSAHAAN

Sudah berbagai artikel mengulas mengenai tips dan trik menjadi seorang wirausahawan, langkah-langkah untuk mengawali usaha , berbagai macam usaha serta masih banyak lagi. Keberhasilan menjadi seorang wirausahawan diperoleh dengan ketekunan, kerja keras, ketelitian, kesabaran dan dalam jangka panjang. Namun pernahkah terpikir oleh Anda apa sih sebenarnya manfaat kewirausahaan yang akan Anda memiliki secara individu (mikro dan makro). Berikut ulasan selengkapnya

Terkadang keuntungan finansial bukan merupakan motivasi utama melakukan kegiatan usaha, namun tidak bisa dipungkiri keuntungan finansial menjadi faktor penting guna kelangsungan hidup usaha dan pertumbuhan serta menjadi daya tarik tersendiri seseorang terjun ke dalam dunia usaha. Adakalanya pada suatu waktu keuntungan wirausaha sangat tinggi di atas rata-rata keuntungan jenis usaha yang sama (rata-rata Industri). Dengan risiko usaha yang harus ditanggung sendiri, wirausaha dalam melakukan kegiatan usaha dengan perencanaan, implementasi yang cukup hati-hati.

Perjalanan selama proses mendirikan kegiatan usaha sampai berhasil memerlukan kerja yang cukup lama dengan risiko yang cukup. Dengan berjalannya waktu serta berbagai pengalaman baik ataupun buruk, kesuksesan serta kegagalan dalam jangka panjang akan membentuk kemampuan seseorang untuk melakukan kontrol apa yang akan dilakukan dan yang telah dilakukan serta kemampuan dalam diri wirausaha.

Dari sekian alasan seseorang melakukan pekerjaan atau melakukan bisnis di antaranya disebabkan oleh karena melihat kesempatan yang ada sekarang maupun prospek dimasa depan. Kesempatan yang cukup tinggi, perubahan kehidupan yang sangat cepat mendorong banyak wirausaha mencoba melakukan bisnis untuk sekedar mengukur kemampuan diri sendiri serta menggali potensi diri yang belum termanfaatkan, tuntutan kehidupan dan juga kesempatan melakukan perubahan dalam hidupnya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik lagi.

Kebutuhan seseorang secara pokok terdiri dari 5 kebutuhan dasar, salah satu di antaranya adalah aktualisasi diri ataupun secara tidak langsung mendapatkan pengakuan atas kemampuan dirinya. Wirausaha merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan lingkungan di sekitarnya bahkan dalam cakupan yang lebih luas lagi. Seorang Wirausaha secara naluri pada umumnya memiliki keinginan untuk dihormati, dianggap sebagai bagian dari kehidupan masyarakat setempat. Pada masa sekarang dan mendatang kewajiban wirausaha tidak bisa dilepaskan dari perilaku etis serta tanggung ­jawab sosial kemasyarakatan sebagai bagian dari kehidupan bisnisnya.

Jadi tidak semata-mata hanya mendapatkan manfaat secara finansial semata ketika seseorang terjun ke dalam suatu bisnis tertentu tetapi beberapa manfaat lain secara langsung akan dinikmatinya pula. Bagaimana Anda tertarik untuk menjadi seorang wirausahawan?

Artikel Terkait:

BEBERAPA ALASAN MENGAPA ORANG MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN / PENGUSAHAIde dan Peluang Kewirausahaan (bag. 1)6 ASPEK DASAR YANG HARUS DIMILIKI SEORANG WIRAUSAHAWANManfaat Memiliki Izin UsahaCIRI-CIRI DASAR WIRAUSAHAWAAN SEJATI

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar